LOMBOK UTARA, NTB - Tiga Pos disiagakan di Kabupaten Lombok Utara (KLU) jelang perayaan Hari Natal dan pergantian Tahun 2021, pada tanggal 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022.


Dalam upacara Gelar Pasukan Operasi Lilin Rinjani 2021 pada Kamis (23/12), Kapolres Lombok Utara, AKBP I Wayan Sudarmanta, S.I.K M.H. mendampingi Bupati KLU, H Djohan Sjamsoe yang diwakili oleh Asisten I H Raden Nurjati sebagai pengambil alih pimpinan apel.


Wayan Sudarmanta menyampaikan, tiga posko yang disiagakan, merupakan bentuk sinergi Polri dengan TNI serta instansi terkait, guna memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 di wilayah hukum Polres Lombok Utara.


"Pos-pos ini, tersebar di tiga titik yakni, Pos Pelayanan di Simpang 4 Pemenang, dan dua Pos Pengamanan di Pelabuhan Bangsal, Pemenang dan di perbatasan KLU,  Kecamatan Pemenang," ungkap Kapolres saat dikonfirmasi.


Dikatakannya, operasi ini mengedepankan fungsi persuasif dan preventif. Sebanyak 111 personel gabungan Polri TNI dan Pemerintah Daerah KLU akan dilibatkan.


"Apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Lilin 2021 dalam rangka pengamanan perayaan Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan Mitra kamtibmas lainnya," kata Kapolres Lotara.


Lebih lanjut Kapolres mengatakan bahwa Perayaan Natal dan Tahun Baru oleh masyarakat secara universal dirayakan melalui kegiatan ibadah dan perayaan pergantian tahun di tempat-tempat wisata, yang akan meningkatkan aktifitas pada pusat keramaian.


Peningkatan aktivitas masyarakat ini tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas, gangguan kamseltibcar lantas, dan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19.


"Untuk masyarakat Lombok Utara, tetap menjalankan Prokes sehingga pelaksanaan Natal dan Tahun Baru dapat berjalan aman, damai dan kondusif," imbaunya. (red)