Mataram - Memeriahkan event MotoGP Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022, Pemprov NTB melalui Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) NTB menggelar NTB Inovasi Teknologi (InovTek) Expo. Acara ini diselenggarakan di halaman Kantor BRIDA NTB, 18-20 Maret mendatang. 


Perhelatan akbar ini menjadi hal yang dinanti-nanti oleh masyarakat dan pecinta otomotif di penjuru Tanah Air. Sekaligus menjadi momentum kebangkitan Industri Pariwisata Daerah dan Nasional.


Kepala BRIDA NTB, H Wirawan Ahmad S.Si MT menjelaskan, BRIDA NTB menjadi salah satu klaster pendukung MotoGP. Dalam menyukseskan event ini, BRIDA juga berkolaborasi dengan PT. Gerbang NTB Emas (GNE). 


"Kita juga sudah siapkan 1000 camping ground bagi para penonton MotoGP. Baik backpacker, komunitas motor dan mobil serta para pengunjung MotoGP," jelasnya. 


Wirawan menjamin kepuasan para pengunjung dan penonton MotoGP selama berada di BRIDA NTB. Sebab nantinya akan disuguhkan serangkaian acara NTB InovTek Expo.


"Ada Pameran IPTEK dan UMKM, Seminar BRIN, hingga Hiburan Rakyat dan Pasar Murah (Bazar)," papar pria murah senyum itu. 


Sebagai event yang menjadi ajang untuk memperluas akses produk teknologi, inovasi dan produk unggulan daerah, lanjut Wirawan, pameran InovTek mendatang pula menampilkan produk-produk Teknologi, Permesinan, Motor Listrik, Fashion, produk makanan dan minuman, serta jasa perbankan dan peluang investasi daerah dari berbagai sektor unggulan.



Dalam agenda Seminar BRIN yang mengusung tema ‘Success Story Para Pelaku Riset dan Inovasi di Nusa Tenggara”, turut mengundang Ir Chairul Hudaya, ST., M.Eng.,Ph.D., IPM (Rektor Universitas Teknologi Sumbawa), Dr Fahrurrozi (Kepala PUsat Riset Biro Industri Laut dan Darat , BRIN ), M.M Anggriani Lele Biri SE (Kepala Bidang Litbang Bapelitbangda Pemkab Sumba Barat Daya ) dan Sukri S.Pt (Pengusaha Madu Trigona) sebagai Narasumber pada kegiatan seminar tersebut.


Tidak hanya itu, guna memperkenalkan keindahan budaya NTB, pada rangkaian Expo akan digelar Hiburan Rakyat berupa seni tradisional masyarakat Lombok seperti Peresean dan Gendang Beleq, serta Pemutaran Film Putri Mandalika.


Staf Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Gandys Marisha Utami.SE.MTV dan Nabila Wahyu Utami.SM


Turut hadir pula dalam NTB InovTek Expo yakni Menteri Koperasi dan UKM RI, Drs Teten Masduki, Gubernur Nusa Tenggara Barat, Dr Zulkieflimansyah, SE,M.Sc, Kepala BRIN RI, Dr Laksana Trihandoko M.Sc, Direktur Diseminasi dan Pemanfaatan Riset dan Inovasi Daerah, Dr Wihatmoko Waskitoaji, dan Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Anggoro Eko Cahyo.


"Harapan kita dengan Event ini dapat memberikan alternatif destinasi wisata bagi para pengunjung MotoGP. Sehingga dapat mengenalkan NTB tidak hanya dengan suguhan kein:dahan alam, serta budaya, melainkan sebagai daerah yang maju dalam bidang teknologi dan inovasi," pungkasnya. (Red)