Breaking News

Pasca MotoGP, Atasi Kepadatan Kendaraan di Pelabuhan Lembar, Polres Lobar Berjibaku Lalukan Ini



Lombok Barat, NTB - Antusias penggemar MotoGP Mandalika sangat luar biasa, sehingga menyebabkan membeludaknya penonton MotoGp di Mandalika.


Tidak terkecuali terdampak kepada arus balik penonton di penyeberangan Pelabuhan Lembar, sehingga mengalami penumpukan kendaraan yang akan kembali, baik ke Pulau Bali maupun Pulau Jawa, Senin (21/3/2022).


Kapolres Lombok Barat AKBP Wirasto Adi Nugroho, SIK menyampaikan terkait arus penyeberangan yang dari tadi malam telah mengalami peningkatan, dan pagi ini kembali terjadi kepadatan arus penumpang dan kendaraaan.


“Sempat terjadi antrean panjang pagi ini, namun kita sudah melakukan upaya untuk mengatasi dan mengurai penumpukan, akibat kepadatan kendaraan ini dengan memperbanyak penempatan personil dan mengatur kendaraan yang ke pelabuhan, baik truk Roda Empat dan Roda Dua,” ungkapnya.


Diantaranya mengarahkan sementara truk-truk barang yang akan menyeberang, baik ke Pulau Bali maupun Pulau Jawa, diarahkan dikantong-kantong parkir sementara.


Selain itu, Petugas memberlakukan sistem buka tutup untuk mengurai penumpukan kendaraan yang datang dari bongkaran kapal juga tetap bisa berjalan.


“Alhamdulillah, antrean yang sempat menular panjang tadi pagi, kini barangsur-angsur berhasil diurai, hingga arus lalulintas kembali berjalan padat lancar,” pungkasnya.


Selain memaksimalkan pengaturan Lalulintas dalam mengurai kemacetan, koordinasi diperkuat dengan pihak PT. ASDP terkait penambahan armada penyeberangan.


Namun karena jumlah kendaraan yang hendak menyebrang terus berdatangan, maka pengalihan sementara ke Kantong parker tetap dilakukan, sebagai upaya mencegah terjadinya antrean panjang di jalan menuju ke Pelabuhan.


“Situasi terakhir walaupun terjadi kepadatan arus kedaraan, berangsur-angsur penumpukan kendaraan mulai berkurang,” tandasnya.


Terakhir,Kapolres menghimbau agar para penumpang kapal bersabar dan tetap mengikuti arahan dr petugas dilapangan, mengingat Polres Lombok Barat sudah menempatkan personil.


Personil ini ditempatkan untuk membantu pengamanan dan pengaturan sekaligus berkoordinasi dgn otoritas pelabuhan supaya bisa secepatnya mengurai kemacetan penumpang yang terjadi.


Seperti diketahui, Dalam perhelatan Event MotoGP mandalika 2022 ini, sebanyak kurang lebih 60.000 penonton yang datang, termasuk dari Jawa dan Bali, yang memanfaatkan Jalur Penyeberangan Lembar.(red) 

0 Komentar




Advertisement

Type and hit Enter to search

Close