Breaking News

Cerita Sukses Desa, Bumdes Midang Beromset Miliaran Rupiah

 


Lombok Barat - Berbagai terobosan dan inovasi dilakukan oleh desa desa di Kabupaten Lombok Barat. Salah satunya adalah dengan mengembangkan dan membesarkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES). Terobosan dan inovasi positif ini sebagai upaya nyata Kepala Desa Se Lombok Barat untuk membangun daerah dari Desa. 


Seperti yang dilakukan oleh Desa Midang dengan mengembangkan dan membesarkan Bumdes Maju Berkah hingga memiliki omset yang sangat besar. Menurut Drs. Samsudin Kepala Desa Midang Kecamatan Gunung Sari, Bumdes desa midang berdiri sejak tahun 2017 dengan nama Selun Jari. Kemudian April 2021 Desa Midang membentuk Bumdes Maju Berkah melalui amandemen peraturan desa midang. Bumdes ini bergerak dalam usaha Toko atau ritel modern. Ia mengatakan Bumdes ini diresmikan secara langsung oleh Bupati Lombok Barat tepatnya 16 April 2021. "Tentu ini semangat kami di desa midang untuk membesarkan Bumdes ini agar berkembang dan maju" ujar Samsudin. 


Ia menceritakan bahwa Bumdes Maju Berkah memilih usaha di bidang ritel modern dengan menjual berbagai kebutuhan pokok karena melihat potensi pasar yang ada saat ini. Hal ini merupakan kerja keras dari Pengurus Bumdes, Pengawas Bumdes serta komisaris Bumdes, desa serta DPD Midang. Menurutnya dengan kolaborasi dan kekompakan semua unsur di desa midang, Bumdes dapat berkembang pesat hingga memiliki omset miliaran. "Dengan semangat kolaborasi yang kuat kami dapat merumuskan arah dan tujuan Bumdes dengan baik yaitu untuk membangun desa dan ekonomi ekonomi masyarakat desa" ujarnya. 


Kepala Desa yang banyak dikunjungi oleh berbagai pihak dari luar daerah karena sukses mengembangkan desanya ini mengatakan bahwa kerja keras pengurus Bumdes, Pengawas dan Komisaris menjadi kunci sukses Bumdes. Selain itu dukungan besar dari masyarakat desa midang juga menjadi kekuatan dalam mengembangkan Bumdes Maju Berkah milik desa Midang ini. Drs Samsudin juga mengatakan bahwa pendalaman dan pemahaman terhadap berbagai regulasi dan strategi pemasaran yang jitu menjadi bagian penting dalam pengembangan Bumdes Maju Berkah. "Selain itu transparansi dan kolaborasi dengan pelaku UMKM, distributor lokal dan nasional serta pihak swasta dan pemda juga menjadi kunci sukses Bumdes Maju berkah" ujarnya. 


Dengan kerja keras dan kolaborasi yang baik, Bumdes Maju Berkah sukses meraih omset 200 juta setiap bulannya atau 2,4 miliar setahun. Hal ini menurutnya merupakan pencapaian yang luar biasa dalam mengembangkan ekonomi masyarakat desa. Kepala Desa yang memiliki pembawaan kalem dan tenang ini mengatakan bahwa kemajuan Bumdes ini menjadikan pengurus semakin bersemangat untuk mengembangkan Bumdes dan membuka cabang Bumdes. 


Awal Tahun 2022 ini Bumdes Maju Berkah berhasil membuka cabang ritel atau toko baru di desa Sesela Kecamatan Gunung Sari. Menurut kades Midang Cabang ini diberi nama MB Mart yang bergerak dalam jual beli sembako dan kebutuhan lainnya. Menurutnya pembukaan cabang ini merupakan salah satu upaya untuk membesarkan Bumdes Maju Berkah. Selain bergerak dalam ritel, Bumdes maju beekah juga memiliki unit usaha pengolahan sampah berbasis TPS3R. "Usaha ini merupakan upaya dari desa dan bumdes untuk mengatasi masalah sampah dan sejak tahun 2021 segala hal terkait sampah menjadi tanggung jawab bumdes" ujarnya. 


Menurutnya Samsudin kedepannya Bumdes memiliki sejumlah target yang ingin dicapai. Antara lain pihaknya ingin menjadikan Bumdes sebagai sentra distribusi kebutuhan masyarakat dan UMKM. Hal ini untuk membantu menjual dan mendistribusikan produk produknl lokal sehingga dapat berkembang pesat dan dapat memenuhi kebutuhan pasar nasional dan internasional. Selain itu Bumdes juga akan bergerak menjalankan dan meningkatkan penjualan usaha bisnisnya dengan sistem digitalisasi sesuai dengan tren masa kini. "Tentu nantinya kita akan mengarah pada sistem digital dalam usaha dan bisnis Bumdes untuk memudahkan pemesan dan penjualan sesuai dengan perkembangan zaman" ujarnya. (Red) 

0 Komentar




Advertisement

Type and hit Enter to search

Close