Breaking News

Hut Lobar Ke 64, Fauzan - Sumiatun Jadikan Lobar Berprestasi dan Mantap

 


Lombok Barat - Puncak peringatan hari ulang tahun kabupaten Lombok Barat ke-64 tahun 2022 yang dilaksanakan di Bencingah Agung Kantor Bupati pada hari Minggu (17/4/22). Kegiatan dihadiri oleh Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid, Wakil Bupati Lombok Barat Hj. Sumiatun, Wakil Gubernur NTB Hj. Sitti Rohmi Djalilah, Perwakilan NTB BPK-RI, Bupati/Walikota se-pulau Lombok, Anggota DPR Provinsi NTB,  Ketua TP-PKK Hj. Khaeratun Fauzan Khalid, Sekertaris Daerah berserta jajaran, seluruh Kepala OPD Lobar, Ketua DPRD Lobar Hj. Nurhidayah, Wakil Ketua DPRD I  Lobar Nurul Adha, seluruh Camat, Lurah dan Kepala Desa se-kabupaten Lombok Barat. 


Dalam laporannya Sekertaris Daerah Lombok Barat H. Baehaqi menyampaikan bahwa kegiatan HUT Lobar ini dirangkai dengan safari Subuh yang dilaksanakan setiap hari Sabtu dan Minggu sejak tanggal 9-23 April 2022 serta Khataman Al-Qur'an yang dilaksanakan sejak Ba'da Ashar tanggal 16 April hingga Ba'da Ashar 17 April 2022. 


"Pada puncak peringatan HUT Lobar ini juga dilaksanakan deklarasi PAM-RT 5 Pilar STBM oleh 10 Camat se-Kabupaten Lobar. Selain itu juga dilaksanakan penyerahan sertifikat oleh Wakil Gubernur NTB kepada Direktur RS Patut Patuh Patju dan RS Awet Muda Narmada dan rangka peningkatan kelas dan juga penyerahan santunan kepada anak yatim-piatu dari Pemda Lobar, Bank NTB dan Pelindo Lembar." Jelasnya. 


Dalam sambutannya Bupati Lombok Barat menyampaikan bahwa Lombok Barat berdasarkan data dari BPS mendapatkan nomor 1 dalam angka harapan lama sekolah. "Lombok Barat selama 5 tahun terakhir ini mengalami peningkatan IPM yang cukup signifikan, yaitu pada tahun 2015 IPM Lobar berada di Nomor 8 kemudian pada Tahun 2020 IPM Lobar berada di Nomor 4 dan saya menargetkan agar pada tahun 2023 nanti Lombok Barat dapat menjadi nomor 1 diantara semua Kabupaten di NTB." Tegasnya.


Ia juga mengatakan bahwa ia sangat bangga atas kenaikan kelas dua Rumah Sakit di Lombok Barat yaitu RS Patut Patuh Patju menjadi kelas B dan RS Awet Mudah Narmada menjadi kelas C. "Kebanggaan ini lebih terkhususkan kepada RS Awet Muda Narmada yang telah mengalami peningkatan yang signifikan, yaitu sejak awal diresmikan masih pada kelas Pratama dan sekarang telah menjadi Kelas C." Jelasnya. 


Ia menegaskan bahwa pencapaian ini dapat tercapai berkat adanya kolaborasi seluruh pengurus dan masyarakat Lombok Barat. "Oleh karena itu mari kita bersama-sama tidak saling menjatuhkan, melainkan mari kita saling mendukung dan merangkul dalam meningkatkan segala kekurangan yang belum tercapai, karena saat ini dapat dikatakan bahwa COVID-19 telah landai." Ujarnya. 


Dalam sambutannya Wakil Gubernur NTB menyampaikan bahwa angka IPM Lobar selama lima tahun terakhir telah mengalami peningkatan yang signifikan dan ia bangga karena Lombok Barat adalah kabupaten yang peduli terhadap pembangunan kesehatan serta pendidikan. "Pembangunan kesehatan serta pendidikan tidak dapat dicapai secara instan, sehingga diperlukan konsentrasi khusus pada kedua point tersebut." Tegasnya.


Ia juga mengatakan bahwa Kabupaten Lombok Barat bersama Kabupaten Lombok Timur merupakan kabupaten kedua yang menyusul Kabupaten Sumbawa Barat yang telah mendeklarasikan PAM-RT 5 Pilar STBM. "Selain saya ingin mengucapkan selamat kepada RSUD Patut Patuh Patju yang telah menjadi kelas B dan saya berharap agar RSUD dapat lebih maksimal dalam melayani masyarakat di Lobar dan diusahakan agar dapat menggunakan sistem "One Stop Service" sehingga tidak perlu merujukan pasien ke rumah sakit provinsi ataupun rumah sakit diluar daerah."   Ujarnya.(red) 

0 Komentar




Advertisement

Type and hit Enter to search

Close