Breaking News

Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Lobar Gelar Kirab Budaya dan Atraksi Drumband Latsitarda Nusantara

 


Lombok Barat - Bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional, Pemkab Lombok Barat dan para peserta Latsitarda Nusantara XLII menggelar kirab budaya dan atraksi drumband Latsitarda Nusantara. Kegiatan ini dilaksanakan di Gerung Lombok Barat, Jumat 20 Mei 2022. Para peserta yang merupakan taruna akmil, akpol dan praja IPDN serta perwakilan dari masing masing kecamatan memulai star di Masjid Baital Atiq Gerung. Kemudian para peserta kirab budaya dan drumband Latsitarda berjalan sambil menunjukan atraksinya dihadapan para penonton yang berjajar sepanjang jalan Imam Bonjol berjalan menuju Bundara Giri Menang Square (GMS) Gerung. 


Setelah itu kirab budaya yang diringi oleh Gendang Beleq dan drumband berjalan menuju Kantor Bupati Lombok Barat di Giri Menang Gerung melalui wilayah kelurahan Dasan Geres Gerung. Wargapun berjajar sepanjang jalan yang dilalui oleh kirab budaya dan drumband inisangat antusias menyaksikan atraksi gendang beleq dan drumband. Walaupun susana hujan warga tetap semangat menonton. Begitu juga dengan peserta sangat semamgat menunjukan kebolehannya dalam memainkan gendaq beleq dan drumband. Iring Iringan Kirab Budaya dan Drumband inipun finish di depan pendopo Bupati Lombok Barat. Saat di depan tamu kehormatan para peserta kirab budaya dan drumband kembali menunjukan keahliannya dan atraksi atraksi yang memukau tamu kehormatan dan masyarakat yang menonton di depan pendopo Bupati Lombok Barat. Pada kesempatan ini Wakil Bupati Lombok Barat Hj.Sumiatun menerima peserta yang telah melakukan kirab budaya dan drumband Latsitarda nusantara 42 tahun 2022. 


Ditemui usai acara Wakil Bupati Lombok Barat Hj. Sumiatun mengatakan bahwa kegiatan ini sangat positif karena dapat memberikan hiburan kepada masyarakat Lombok Barat. Ia juga mengatakan masyarakat Lombok Barat sangat antusias dan semangat menonton kegiatan ini. Hal ini merupakan bentuk kepedulian masyarakat terhadap kegiatan kirab budaya dan Latsitarda ini.

Ia juga berharap agar rangkaian program Latsitarda di Lombok Barat dapat berjalan dengan lancar dan bermanfaat bagi masyarakat. "Kegiatan hari ini sangat positif karena memberikan hiburan tersendiri bagi masyarakat Lombok Barat. Tentu Pemerintah Daerah menyampaikan terima kasih kepada semua pihak seperti  kecamatan, OPD, para taruna dan praja IPDN, peserta kirab budaya serta semua pihak atas terlaksananya kegiatan ini dengan baik"ujarnya.


Sementara  Kepala Dinas Kominfotik Lombok Barat Ahad Legiarto M.Eng ditemui usia acara  mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari program Latsitarda di Kabupaten Lombok Barat. Ia mengatakan kegiatan yang dipadukan dengan kirab budaya ini merupakan hiburan bagi masyarakat Lombok. Ia mengatakan Pemkab Lobar menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mensukseskan kegiatan ini. "Parpaduan kirab budaya dengan drumband dari para taruna ini sangat luar biasa. Kegiatan ini menjadi hiburan menarik bagi masyarakat Lombok Barat karena ini merupakan kegiatan carnaval atau pawai pertama sejak covid19 melanda Lombok Barat." ujarnya. 


Sementara itu Bupati Lombok Barat H.Fauzan Khalid beberapa waktu lalu mengatakan pihaknya menyampaikan terima kasih atas dipilihnya Lombok Barat sebagai salah satu Lokasi Latsitarda di NTB.

Bupati Dua Periode yang berhasil membawa sejumlah prestasi membanggakan bagi Lombok Barat ini berharap agar kegiatan dan program yang dilaksanakan oleh Taruna Akabri dan Akpol serta praja IPDN dalam kegiatan Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitarda) Nusantara ke 42 di Lombok Barat dapat berjalan lancar. Ia mengatakan bahwa program program yang akan dilakukan oleh peserta Latsitarda Nusantara ini adalah program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat seperti Normalisasi Saluran, Perbaikan Jembatan, Bedah Rumah, Rehabilitasi Jalan, Serta Program pembangunan jamban untuk mendukung program Bebas Dari Buang Air Sembaranag ODF di Kabupaten Lombok Barat. Bupati Fauzan mengatakan bahwa program program ini tentu berkaitan langsung dengan masyarakat sehingga para taruna akan berkolaborasi dengan masyarakat sekitar. Hal ini tentu menjadi bagian penting dalam pelaksanaan Latsitarda Nusantara dimana para taruna dapat berbaur dan berkomunikasi langsung dengan masyarakat. "Program dan kegiatan Latsitarda ini sangat bermanfaat bagi masyarakat dan kami berharap kolaborasi antara taruna dan masyarakat ini memberikan manfaat besar bagi masyarakat" ujarnya. 


Bupati Fauzan juga meminta para taruna dan praja IPDN dapat memberikan motivasi dan semangat kepada masyarakat khusus generasi muda agar memiliki semangat tinggi untuk menjadi Taruna dan praja. Hal ini penting agar warga Lombok Barat semakin bersemangat untuk mengejar cita cita dan sekolah lebih tinggi lagi. "Tentu kami berharap agar para taruna dapat memberikan motivasi dan pengalaman kepada warga khusus generasi muda agar dapat mengikuti langkah para taruna dan praja IPDN serta memiliki cita cita yang membanggakan"ujarnya


Hadir dalam kegiatan ini Wakil Bupati Lombok Barat Hj Sumiatun, Ketua DPRD Lobar Hj Nurhidayah, perwakilan Forkopimda, para Asisten, Kepala OPD dan sejumlah pengurus DWP Lombok Barat. Kegiatan ini berjalan dengan lancar walau cuaca sempat hujan. Masyarakat Lombok Barat sangat antusias menonton kirab budaya dan drumband Latistarda Nusantara. (Red/Team IKP)

0 Komentar




Advertisement

Type and hit Enter to search

Close