Breaking News

KKN Tematik Wisata Mahasiswa Unram Bantu Tata Wisata Aik Bukaq

 


Lombok Tengah -Mahasiswa Universitas Mataram melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik wisata yang dilaksanakan di Desa Aik Bukaq Kecamatan Batukeliang Kabupaten Lombok Tengah dari tanggal  dari tanggal 20 Juni hingga 3 Agustus 2022.

Ketua Kelompok KKN Raden Angger Abiseika Hegi menyebutkan, setelah dilakukan pelepasan dan serah terima peserta KKN, pihaknya kemudian langsung melakukan penyusunan perogram yang akan dilaksanakan selama pelaksanaan KKN, tentunya dengan melibatkan pejabat terkait mulai dari Pemerintah Desa, Pemerintah Kecamatan dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di lingkup Kabupaten Lombok Tengah. 

Adapun beberapa  program  utama yang dilaksanakan berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat terhadap pembangunan daerah pariwisata aik bukan." Program yang dijalankan yang perogram hidroponik dan pembuatan spot foto/tourist information, dan pelatihan digital marketing, " katanya. 

Ia menjabarkan, untuk program hidroponik, mahasiswa menggandeng ibu- ibu Kelompok Wanita Tani (KWT) desa aik bukaq, mahasiswa memberikan wadah untuk menanam sayur melalui media hidroponik, kegiatan ini dilakukan sekitar tanggal 18 Juli lalu. " Kami dari mahasiswa Mahasiswa.menyerahkan rangkaian hidroponik 50 lubang kepada KWT (Kelompok Wanita Tani) di dusun petikus daya, aik bukaq, " ungkap nya. 

Sebelum menyerahkan wadah, pengurus KWT lebih dulu diberikan pelatihan terkait kegiatan menanam sayur menggunakan sistem hidroponik." Kami mengundang

pemateri yang sudah menerapkan pola tanam hidroponik, " tegasnya.

Selain itu, mahasiswa juga terlibat dalam kegiatan keagamaan ditengah masyarakat, dengan mengalahkan gerakan subuh berjamaah bersama. melakukan kegiatan gotong royong, Bersih-bersih kawasan pariwisata yang ada di Desa Aik Bukaq, serta melakukan penataan tempat wisata aik Bukaq, dengan memasang pernak-pernik di kawasan pariwisata. " Kami memasang plang-plang di sekitaran taman wisata aik.bukaq, seperti quotes lucu sebagai spot foto, himbauan untuk menjaga kebersihan, dan plang yang edukatif, " ujarnya. 

Sedangkan untuk program pelatihan digital marketing dilaksanakan di BLK Lombok Tengah, dengan bekerjasama dengan pihak BLK Lombok Tengah. 

Sementara itu Dosen Pembimbing Lapangan KKN Dr. Muazar Habibie menyampaikan terimakasih kepada para OPD yang membantu pelaksanaan KKN mahasiswa diantaranya Kepala Bappeda , Kadis Pariwisata  Kepala UPT BLK, Kepala Desa dan jajarannya, Pengelola Wisata Aik Bukaq, yang telah mendukung dan bersinergi penuh selama mahasiswa KKN sehingga semua program yang direncanakan dapat tercapai 100 persen." Terimakasih saya sampaikan kepada OPD dan pemerintah Desa yang sudah membantu terlaksana kegiatan KKN ini, " ujarnya. 

Harapannya, apa yang sudah di lakukan oleh mahasiswi untuk bersinergi dengan pemerintah daerah Lombok Tengah dapat dilanjutkan oleh masyarakat untuk pemberdayaan dan pengembangan wisata yang ada di Desa Aik Bukaq. (Red)

0 Komentar




Advertisement

Type and hit Enter to search

Close