Lombok Barat - Ribuan pelajar dari jenjang SD, SMP, SMA, SMK dan Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah yang ada di Kecamatan Kuripan mengikuti jalan sehat yang diselenggarakan oleh Kecamatan Kuripan, senin (15/8). 


Jalan sehat yang digelar ini merupakan rangkaian peringatan HUT RI yang hampir dua tahun libur dilaksanakan karena pandemi yang melanda sejak tahun 2020 lalu. 


Sehingga pada gelaran HUT RI ke-77 tahun 2022, masyarakat sangat antusias untuk mengikuti jalan sehat, buktinya, hampir 3 ribuan lebih peserta tumpah ruah mengikuti jalan sehat. 


Kepala Dinas Pertanian Lombok Barat H. K Winengan yang mewakili Bupati Lombok Barat pada acara teraebut memberikan apresiasi atas upaya menumbuhkan rasa nasionalisme kepada masyarakat dan para pelajar dengan menggelar berbagai kegiatan oleh pemerintah Kecamatan dan para guru yang ada di Kecamatan Kuripan. 


" Acara seperti ini harus kita dukung, ini bagian dari cara mencintai bangsa Indonesia, merayakan HUT RI, ", tegasnya.


Sebagai warga negara Indonesia, tentunya rakyat Indonesia harus bergembira dalam menyambut datangnya hari kemerdekaan bangsa Indonesia, caranya bergembira dengan menggelar berbagai kegiatan yang tujuannya bisa meningkatkan rasa cinta dan nasionalisme masyarakat terhadap bangsa Indonesia. 


" Setelah bergembira tentunya hari kemerdekaan diikuti dengan do'a, agar bangsa Indonesia, semakin maju dan menjadi dan Indonesia bangkit dan Indonesia menang, " tegasnya. 


Sementara itu, Iskandar, Camat Kuripan mengatakan Setelah 3 Tahun berturut tidak ada kegiatan Masyarakat yang mengumpulkan banyak orang, Kali ini masyarakat Di Kecamatan Kuripan sangat antusias, Di Perkirakan Akan menghadirkan peserta sebanyak 2500 orang, Namun kenyataannya lebih dari itu. 


" Peserta lebih dari tiga ribu tidak hanya pelajar, masyarakat umum juga ikut, antusiasme masyarakat sangat tinggi mengikuti jalan sehat karena baru pertama ini digelar setelah pandemi, " ungkapnya 


Jalan sehat ini, diinisiasi oleh para guru sekolah yang ada di Kecamatan Kuripan, mereka yang membentuk panitia dan semua persiapan jalan sehat. Pihak panitia menyiapkan sekitar 2.500 tiket jalan sehat, semua tiket habis bahkan ada yang tidak dapat, namun karena antusiasme masyarakat yang sangat tinggi, walaupun tidak ada tiket mereka datang untuk mengikuti jalan sehat. 


Jalan sehat dihadiri Kepala Dinas Pertanian Lombok Barat mewakili Bupati Lombok Barat, juga ada Kapolsek Kuripan, dan para Kepala Sekolah di masing-masing jenjang sekolah. 


Iskandar menyebutkan, untuk memeriahkan jalan sehat, pihaknya bersama panitia menyediakan berbagai macam hadiah untuk para peserta, diantara ada sepeda, dan peralatan ruang tangga, 


" Hadiah yang kita siapkan cukup banyak, ini bantuan dari para pihak, ada Bupati, para guru dan sekolah, " paparnya. 


Jalan sehat ini, katanya merupakan rangkaian dari beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan dalam rangkaian HUT RI. 


Sebelum jalan sehat, pada minggu kemarin sudah dilakukan Lomba Gerak Jalan antar semua sekolah yang ada di Kecamatan Kuripan. 


" Kemarin sudah ada Lomba Gerak Jalan, yang juga rangkaian dari HUT RI, " jelasnya. 


Puncak dari perayaan HUT RI di Kecamatan Kuripan, akan diakhiri dengan pelaksanaan karnaval Agustus yang akan digelar tanggal  18 Agustus nanti. Pada karnaval ini puncak dari rangkaian perayaan HUT RI yang akan digelar di Kecamatan Kuripan. " Puncaknya nanti akan ada karnaval, ", tegasnya.(red)