Breaking News

Gubernur NTB Optimis Talenta NTB Ikut Shell Eco-Marathon Berikutnya

Marathon
Lebih dari 40 tim pelajar dan mahasiswa dari 9 negara di Asia seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, Vietnam, Filipina, Korea Selatan, India, Kazakstan, dan Nepal yang telah terdaftar untuk berkompetisi di Shell Eco-Marathon Indonesia 2022.

LOMBOK TENGAH, —Dalam tajuk Shell Eco - Marathon 2022 yang pertama kalinya digelar di Indonesia dan juga pertama kali kembali ke lintasan Asia sejak pandemi, Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah optimis para pelajar talenta NTB bisa mengikuti ajang ini. 

Bang Zul, sapaan akrabnya, menyampaikan, walaupun NTB tidak bisa menjadi peserta tahun ini, namun ada 3 universitas dari NTB yang berpartisipasi dalam pamerannya, yaitu dari Sumbawa, Advokasi dan ada binaan dari Dinas Perindustrian. Hal tersebut disampaikannya ketika diwawancarai di Sirkuit Internasional Mandalika pada Kamis (13/10).

“Walaupun tidak mendapatkan wild card karena proses yang berbeda dari MXGP dan MotoGP tetapi produknya sudah dipamerkan. Juli tahun depan sudah dipastikan oleh Shell bahwa perwakilan dari NTB akan ikut berpartisipasi dalam event ini sebagai peserta”, pungkasnya.

Selanjutnya, Bang Zul juga berkata bahwa Shell Eco-Marathon (SEM) bukan hanya sekedar kompetisi antar pelajar, tetapi disinilah talenta terbaik Indonesia berkumpul mempelajari science technology, sharing experiences, dan menciptakan community of practice.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pariwisata, Yusron Hadi, menjelaskan bahwa Shell Eco-Marathon merupakan event yang cukup prestisius di dunia kendaraan renewable energy. Perlombaan ini untuk mengembangkan mobil-mobil hemat energi dan tentu saja blue energy dan green energy.

“Saya kira kesempatan baik dan alhamdulillah peserta dari NTB juga tidak kalah dari daerah lain, mudah-mudahan menjadi inspirasi yang lebih kencang lagi bagi anak muda kita untuk terus terlibat dalam pengembangan kendaraan berbahan bakar hemat dan blue energy”, ungkap Yusron. 

Kompetisi ini memberikan kesempatan bagi generasi muda khususnya tingkat SMA dan Universitas untuk berkontribusi pada inovasi kendaraan yang memenuhi unsur keselamatan dan dapat melakukan perjalanan terjauh dengan menggunakan energi seminimal mungkin.

Perlu diketahui, bahwa ada lebih dari 40 tim pelajar dan mahasiswa dari 9 negara di Asia seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, Vietnam, Filipina, Korea Selatan, India, Kazakstan, dan Nepal yang telah terdaftar untuk berkompetisi di Shell Eco-Marathon Indonesia 2022. (GN)

0 Komentar




Advertisement

Type and hit Enter to search

Close